Beasiswa S2 & S3 King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) 2017-2018

(TERBUKA UNTUK NON MUSLIM)

Berbicara tentang KAUST, kampus ini bisa dibilang kampus paling wow se Arab Saudi. Bagaimana tidak, King Abdullah University of Science and Technology memiliki beberapa hal istimewa yang membedakannya dari universitas2 lainnya di Kerajaan Saudi Arabia, antara lain:
1. Kampusnya hanya untuk program Pascasarjana (S2, S3, & Postdoctoral) di bidang Sains dan Teknologi.
2. Fasilitas beasiswanya paling wah.
3. Pria dan wanita belajar di ruangan yang sama.
4. Wanita tidak perlu mahrom untuk mendaftar.
5. Bahkan, non muslim bisa berkuliah di KAUST.

+ Jurusan apa saja yang tersedia di KAUST?

KAUST dikhususkan untuk sains dan teknologi; KAUST tidak mempunyai jurusan public health (kesehatan masyarakat), business, accounting, ekonomi, psikologi (bimbingan dan konseling), agama, pendidikan, sosial, kesenian, arsitektur, planologi, dan sastra.

Daftar jurusan yang ada di KAUST: http://www.kaust.edu.sa/study.html

+ Untuk program PhD apa perlu mencari profesor terlebih dahulu?
– Iya, akan sangat jauh lebih mudah apabila mendapatkan rekomendasi dan approval dari profesor, karena untuk PhD funding-nya dari budget profesor.

+ Berapa minimum TOEFL yang disyaratkan KAUST?
– Silakan cek di http://kaustina.org/beasiswa. Ada nilai TOEFL minimalnya, apabila telah diterima oleh profesor namun tidak memenuhi syarat administrasi, maka bisa jadi statusnya akan dipertimbangkan kembali, tapi bisa juga di-cancel.

+ Bisa kah sambil kuliah membawa anak dan istri?
– Tidak ada persyaratan khusus untuk membawa istri. Bisa membawa istri dan anak. Akan difasilitasi dalam pembuatan visa, transportasi ke KAUST, dan mendapatkan fasilitas housing.

+ Tempat tinggalnya dimana? disediakan?
– KAUST menyediakan apartemen bagi para mahasiswanya. Apartemennya dua lantai, dan bangunannya berbaris rapi membentuk blok-blok. Apartemen ini dilengkapi dengan mesin cuci dan pengering, kulkas, kompor listrik, oven, microwave, televisi, instalasi AC, air panas/dingin dan telepon internal kampus. Gambar di bawah ini mengilustrasikan apartemen para mahasiswa KAUST. Di kejauhan, ada menara Beacon yang merupakan landmark KAUST.

+ Bisa pergi umrah/haji ketika di KAUST?
– Bisa. Universitas menyediakan fasilitas bus pulang pergi gratis untuk keluar areal kampus seperti ke mall, pasar raya, rumah sakit, termasuk juga ke tanah suci Mekkah dan Madinah. Bus untuk umrah terjadwal setiap pekan di hari Kamis, sedangkan ke Madinah terjadwal setiap hari Jumat pertama setiap bulan.
Bus untuk umrah di hari Kamis bertolak dari kampus pukul 17.15 dan sampai di Mekkah sekitar dua jam kemudian. Umrah biasanya memakan waktu 2,5 sampai 3 jam. Pada jam 22.30 bus telah siap menunggu di dekat Masjidil Haram untuk pulang kembali ke kampus.
(NB : weekend di Saudi adalah hari Jumat dan Sabtu).
Bus ke Madinah bertolak pukul 9.00 dan sampai di Masjid Nabawi 5-6 jam kemudian. Bus kembali ke kampus keesokan harinya pukul 17.00. Jadi untuk perjalanan ke Madinah kita bisa menginap, biasanya kami menginap di masjid atau di hotel sekitar masjid.
Pada musim haji, akan ada beberapa agen travel yang datang ke kampus dan menawarkan paket perjalanan haji mereka. Jadi akan ada kelompok sendiri dari KAUST. Kita dapat mendaftar paket yang sesuai dengan budget yang kita anggarkan.

Saat ini Universitas Sains dan Teknologi Raja Abdullah membuka pendaftaran untuk fall semester. Deadline untuk fall semester: 1 Februari 2018.

1. Bagi sebagian ikhwan/akhwat mungkin ada yang berkeinginan melanjutkan studi ke KAUST, namun sedikit terganggu dengan lingkungan yang bercampur dengan lawan jenis dan non muslim. Maka sebagai pertimbangan berpikir, kalau tidak muslim taat yang mengambil beasiswa semewah ini, apa iya mau diberikan untuk muslim yang kurang taat, atau bahkan non muslim? Belajar sains dan teknologi juga bisa menjadi jalan untuk menolong agama Allah. Keputusan akhir tetaplah keputusan Antum..

2. Sebelum terburu-buru bertanya, silakan baca dulu posting http://kaustina.org/tanya-jawab/
dan posting http://kaustina.org/fakta-dan-tips-masuk-kaust/
Juga usahakan baca posting-posting lainnya yang ada di website kaustina.org

3. Jika sudah membaca minimal 2 posting tersebut dan masih memiliki pertanyaan, silakan bertanya langsung ke komunitas mahasiswa Indonesia yang kuliah di KAUST melalui fanspage facebook http://www.facebook.com/kaustina. (Ini member mahasiswa pasca sarjana dan para profesor KAUST lho..)

4. Terkait penerjemahan dan info umum baca http://www.santrinabawi.com/2016/01/tanya-jawab-beasiswa-kerajaan-saudi-arabia-ksa.html?m=1

5. Link pendaftaran program pascasarjana King Abdullah University of Science and Technology di sini.
https://kaust.hobsons.co.uk/emtinterestpage.aspx?ip=inquire#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *